You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
30 Sekolah di DKI Siap Gelar UN Online
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

30 Sekolah di DKI Siap Gelar UN Online

Pelaksanaan ujian nasional (UN) bagi siswa SMP dan SMA sederajat tinggal beberapa hari lagi. Sistem ujian tahun ini pun ada yang berbeda. Sejumlah sekolah di Jakarta akan menggunakan sistem UN online.

Untuk sekolah yang ikut UN online, tim dari kementarian sudah cek injeksi software dan jaringan. Persiapan lancar

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan, pelaksanaan UN secara online merupakan terobosan dari Kementerian Pendidikan untuk merevolusi praktek ujian di tingkat sekolah. "Kementerian Pendidikan mempertimbangkan kemudahan cara, biaya dan distribusi untuk ujian online. Biar ada pembaruan di ranah pendidikan," kata Arie di Balaikota, Kamis (9/4).

Ia mengungkapkan, sebanyak 30 sekolah akan menggelar UN secara online. Di antaranya 1 SMP, 3 SMA, dan 26 SMK. Sekolah yang akan menggelar UN online saat ini telah dilakukan uji coba seperti pengecekan fasilitas laboratorium komputer, software, jaringan, dan lainnya. "Untuk sekolah yang ikut UN online, tim dari kementarian sudah cek injeksi software dan jaringan. Persiapan lancar," katanya.

Nilai UN Siswa DKI Ditarget Masuk Tiga Besar Nasional

Sedangkan bagi sekolah yang tidak mengikuti ujian online tetap melakukan ujian konvensional seperti biasa. Pelakasanaan UN sendiri akan digelar pada tanggal 13 sampai 15 April 2015 untuk SMA dan SMK sederajat.

Sementara pelaksanaan UN tingkat SMP akan diselenggarakan 4 sampai 6 Mei. "Untuk peserta ujian paket C akan melakukan ujian tanggal 13 sampai 16 April," tuturnya. .

Arie memastikan DKI Jakarta telah siap melaksanakan UN. Uji coba ujian dan simulasi distribusi soal ujian dari percetakan di Surabaya menuju sekolah di Jakarta juga telah dilakukan. "Kami menjamin kerahasiaan naskah," ucapnya.

Ia menjelaskan, Kementerian Pendidikan telah mengeluarkan aturan bahwa nilai UN tidak lagi mempengaruhi kelulusan siswa namun sepenuhnya keputusan dari sekolah. "UN sekadar salah satu poin untuk penerimaan perguruan tinggi negeri," katanya

Ia menambahkan, Disdik DKI memasang peringkat ke tiga besar di semua mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2015.

Sekadar diketahui, berdasarkan data Disdik DKI, peserta UN tahun 2015 tercatat tingkat SMP sebanyak 123.963 siswa. Sedangkan SMA peserta UN sebanyak 51.294 siswa dan SMK sebanyak 64.314 orang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1108 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye875 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye786 personBudhi Firmansyah Surapati